TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

Foto by : shutterstock.com

Berbicara masalah tips menjaga kesehatan saluran pencernaan, Siapa yang tidak mau memiliki tubuh sehat dan terbebas dari berbagai penyakit ? tentu semua orang pasti mau. Akhir – akhir ini juga muncul beberapa penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat, salah satunya infeksi saluran cerna. Untuk itulah kita mesti tahu bagaimana tips menjaga kesehatan saluran pencernaan yang baik bagi tubuh kita.

Ternyata didalam tubuh manusia itu terdapat 100 triliyun bakteri yang tersebar di beberapa bagian anggota tubuh, dan yang terbanyak berada pada saluran cerna kita atau usus kita sendiri.

Meskipun demikian, bukan berarti tubuh kita itu menjadi sarang penyakit, Karena faktanya bakteri dalam tubuh kita itu ada dua tipe, yaitu bakteri jahat dan juga bakteri baik.

Nah, ternyata bakteri baik dalam tubuh kita itu lebih banyak dari bakteri jahat. Lalu kenapa ada sebagian orang yang gampang sakit karena bakteri jahat ? itu beda cerita, karena bakteri jahat bisa berkembang pesat lantaran beberapa hal seperti : pola makan yang buruk, tingkat kebersihan yang buruk, stress dan tingkat pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Sebelumnya kita perlu tahu bagaimana bakteri baik dalam tubuh itu bekerja, dan ternyata fungsinya adalah untuk pengolahan dan detoksifikasi, membantu sistem daya tahan tubuh, dan kunci pembentukan vitamin.

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh kita. Beberapa gangguan dalam tubuh bisa terjadi jika jumlah bakteri jahat dan jamur lebih banyak dibandingkan dengan bakteri baik.  Seperti bau mulut, nyeri perut, bersendawa terus menerus, kembung, konstipasi dan diare.

Masalah bakteri dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele, karena faktanya beberapa penyakit berbahaya juga disebabkan dari bakteri jahat yang ada dalam tubuh kita.

Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa sebagian besar bakteri berada dalam saluran cerna, dan tahukah anda kalau saluran cerna yang sehat adalah saluran cerna yang memiliki keimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat.

80% dari sistem imun manusia ternyata terletak pada saluran cernanya. Dengan menjaga saluran cerna kita, berarti kita juga menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Riset nasional menunjukkan bahwa 31.4% dari kematian bayi dan 25.2% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare.

Rata-rata bayi berusia dibawah 2 tahun bisa terserang diare lebih dari 3x setahun. Diare dapat membunuh bayi dan balita bila menyebabkan dehidrasi tingkat berat dan telat mendapatkan penanganan.

Nah, bagi para ibu yang punya anak usia dibawah 5 tahun harus berhati – hati dalam merawat anak dan memberikan makanan.

Survey menyatakan Penyebab utama diare pada bayi antara lain infeksi virus, infeksi bakteri-bakteri jahat lain dari benda benda kotor di sekitarnya, susu formula yang pengolahannya tidak tepat, keracunan makanan, flu, maupun konsumsi antibiotik.

Bagi orang dewasa, kita juga tidak bisa tenang begitu saja. Karena masih banyak juga orang dewasa yang justru mempunyai pola makan buruk dibanding balita, dan akibatnya bukan hanya penyakit diare saja yang menyerang, tapi beberapa penyakit seperti jantung, stroke, diabetes, kegemukan dll.

Tips berikut bisa anda lakukan di rumah agar kesehatan saluran pencernaan anda tetap terjaga dengan baik.

Minum air putih

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

Foto by : shutterstock.com

Sejatinya di dalam tubuh kita terdiri dari 80% air yang menjadi sumber kehidupan, artinya tubuh manusia pasti akan membutuhkan air setiap harinya. Menurut para ahli kesehatan, jumlah air yang ideal untuk dikonsumsi setiap hari adalah 2 liter air atau setara dengan 8 gelas.

Tapi tentunya kebutuhan cairan dalam tubuh setiap orang akan berbeda, dan itu tergantung pada usia, berat badan, penyakit , dan juga cuaca.

Makan makanan yang sehat dan bersih

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

Foto by : shutterstock.com

Anda pasti tahu seperti apa makanan sehat yang harus dikonsumsi, dan beberapa diantaranya anda harus memperbanyak makan sayuran, dan makanan lain yang mengandung banyak air agar pencernaan selalu sehat.

angan lupa hindari makanan berlemak, mengandung gula, dan garam, karena bisa merusak pencernaan.

Sementara itu, kebiasaan mengunyah makanan lebih lama juga bisa mempengaruhi kemudahan saluran pencernaan dalam mencerna makanan. Hal ini juga bisa mengurangi tingkat asam lambung.

Selalu ingat asupan probiotik

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

Foto by : shutterstock.com

Menurut para praktisi kesehatan, probiotik itu penting bagi kesehatan pencernaan. Jadi jangan lupa menambahkan probiotik dalam menu makanan anda. Jenis probiotik yang umum seperti yogurt, kimci, miso, atau makanan permentasi lain.

Perbanyak makan serat

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN PERCERNAAN

Foto by : shutterstock.com

Kandungan serat biasanya banyak terdapat pada jenis makanan hijau atau sayuran, jika tidak suka sayuran, ada alternatif lain seperti buah – buahan, kacang – kacangan, dan roti gandum.

Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Kafein dalam kopi mungkin tidak bisa lepas bagi sebagian orang, terutama bagi pria dewasa yang suka merokok pasti mengkonsumsi kopi lebih dari satu kali. Namun, segala sesuatu tentu ada batasnya. Menurut penelitian, batas konsumsi kafein yang cukup adalah 2 gelas sehari.

Jauhi stres

Banyak survey yang menyatakan bahwa stres adalah penyebab penyakit terbanyak yang terjadi pada masyarakat dunia. Stres bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti penebalan dinding rahim, jantung, stroke, bahkan kanker.

Bagi anda pembaca setia website kami, jagalah kesehatan saluran pencernaan tubuh anda agar sistem imun anda juga tetap baik.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda tiru di rumah, semoga bermanfaat.

Tips Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *