Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!

Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!

Pada kali ini saya akan membahas mengenai anggapan yang salah dan dianggap benar oleh kalangan masyarakat awam mengenai Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar. Banyak sekali orang yang percaya bahwa salah satu tanda kita membakar lemak adalah dengan berkeringat. Lalu, benarkah bahwa semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak pula lemak terbakar? Jawabannya tentu tidak!Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!

Pada saat ini masih saja banyak orang berpikir bahwa saat kita berkeringat saat beraktivitas atau bahkan berolahraga, “adalah pertanda bahwa tubuh sedang membakar lemak”. Ya, memang benar saat kita beraktivitas yang berat atau berolahraga maka lemak tubuh akan dibakar, tapi itu karena kondisi tertentu atau latihan yang Anda lakukan, bukan karena semakin banyak Anda berkeringat.

Membahas Apa itu Keringat?

Seperti yang kita tahu bahwa keringat adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar di kulit manusia. Komposisi utamanya adalah air dan natrium klorida (garam), serta mengandung mineral, laktat, dan urea. Berkeringat merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga suhu tubuh dalam kondisi optimal dan merupakan reaksi tubuh yang merasakan bahwa tubuh sedang kepanasan sehingga tubuh pun berusaha mendinginkannya. Jadi, dengan kata lain saat keringat menguap melalui permukaan kulit, maka tubuh akan melepaskan panas keluar dan menurunkan suhu tubuh.

Sedangkan Pemicu Banyaknya Keringat oleh banyak faktor, antara lain:

Jenis kelamin, metabolisme tubuh, genetik, suhu lingkungan, kondisi emosional/stres, aktivitas fisik, ataupun adanya penyakit dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Kondisi terlalu kepanasan alias overheating dapat disebabkan oleh suhu yang panas, sauna, stres, atau akibat pemanasan otot yang terjadi saat kita melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Nah, aktivitas fisik berupa olahraga inilah saat di mana Anda mengalami 2 proses sekaligus, yaitu pembakaran lemak dan berkeringat.

Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!

Keringat dan Pembakaran Lemak

Jadi, apakah benar jika lemak akan lebih banyak terbakar jika tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak? Sayangnya tidak. Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, saat beraktivitas berat atau berolahraga, tiap orang itu dapat menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda-beda, juga bergantung pula pada berat dan lamanya olahraga yang dilakukan. Perlu diingat bahwa berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk menjaga suhu tubuh.

Saat berolahraga, lemak dalam tubuh memang dibakar, dimana lemak diubah menjadi energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas olahraga. Nah, saat tubuh memproduksi energi melalui proses metabolisme, tubuh akan mengeluarkan panas, secara otomatis tubuh pun segera bereaksi untuk menurunkan suhu tubuh kembali ke level normal yaitu dengan cara berkeringat.

Namun sekali lagi saya katakan, banyaknya keringat yang keluar pada tubuh itu berbeda-beda. Jadi, bukan berarti lemak akan dibakar menjadi keringat karena berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang berbeda.

Perlu Anda ketahui bahwa pria berkeringat lebih banyak daripada wanita selama berolahraga, namun itu juga tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak ataupun intensitas olahraga yang dilakukan.

Ketika kita merasakan “ringan” pada tubuh selepas berolahraga bukan berarti lemak Anda yang berkurang, melainkan cairan tubuhlah yang berkurang.

Jadi mulai dari sekarang jangan lagi berpikir bahwa semakin banyak keringat yang keluar artinya semakin banyak lemak yang terbakar! Train smarter, not harder!

Sekian artikel kesehatan yang saya susun pada kali ini, artikel ini saya kutip dari situs duniafitnes.com. Terima kasih telah mengunjungi situs kesehatan Noval Hebal. Salam Sehat.

Semakin Berkeringat, Bukan Berarti Semakin Banyak Lemak Dibakar!

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *