Penjelasan Minuman Isotonik Beserta Dampak Bagi Kesehatan

Penjelasan Minuman Isotonik Beserta Dampak Bagi Kesehatan

Penjelasan Minuman Isotonik Beserta Dampak Bagi Kesehatan – Bagi Anda yang sering melakukan olahraga pasti mengetahui apa itu minuman isotonik. Namun apakah Anda juga tau penjelasan minuman isotonik beserta dampak bagi kesehatan tubuh? Mari kita bahas dibawah iniPenjelasan Minuman Isotonik Beserta Dampak Bagi Kesehatan

Seperti yang kita tahu bahwa jenis minuman ini sangat cocok sekali diminum selepas melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak cairan tubuh, selain menyegarkan bagi tubuh minuman sejenis ini juga mampu mengganti cairan yang hilang saat kita melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

Lalu kemudian dapat meningkatkan kecepatan pemulihan setelah berolahraga sehingga kita dapat berolahraga dengan lebih baik dengan waktu yang lebih lama. Biasanya dimanfaatkan untuk menjaga berat badan atau fitness, kekuatan otot, penampilan tubuh yang lebih baik.

Perbedaan kandungan yang terdapat pada minuman berenergi

  • Minuman Isotonik

Jika air dalam tubuh tidak diganti setelah kita berolahraga, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Elektrolit dibutuhkan untuk mengganti garam atau ion tubuh yang hilang dalam bentuk keringat. Penggantiannya akan membantu cairan untuk proses pencernaan maupun osmosis sehingga dapat diabsorbsi oleh otot tubuh yang sedang bekerja. Tanpa elektrolit, cairan di dalam minuman tidak dapat diabsorbsi sepenuhnya dan efek dehidrasi tubuh akan cepat terjadi.

Energi yang ada didalam minuman ini berasal dari unsur Glukosa, yang digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar selama kita berolahraga. Pengisian kembali ion-ion tubuh selama berolahraga akan membuat kita dapat berolahraga lebih lama dibandingkan jika kita hanya minum air putih saja. Meminum minuman isotonik secara langsung setelah berolahraga akan membantu tubuh dalam memperbaiki kecepatan resintesis glikogen.

  • Minuman Energi Berprotein

Umumnya minuman ini digunakan sebagai bahan pembangun tubuh (bodybuilders) dan juga memberikan kekuatan pada mereka yang membutuhkan protein ekstra untuk menjaga atau meningkatkan kekuatan otot. Suplai protein yang lebih dari rata-rata memang sangat dibutuhkan untuk memperoleh otot yang kuat.

Minuman ini mengandung asam amino tertentu yang merupakan pembentuk protein. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh dapat mengabsorbsi asam amino tunggal lebih baik dibandingkan asam amino di dalam makanan yang harus dikunpecah dulu melalui proses digesti atau pencernaan.

Menkonsumsi minuman berenergi sebenarnya tergantung pada tujuan dan juga jenis olahraganya. Jika Anda menginginkan tubuh yang atletis atau berotot, maka sebaiknya mengonsumsi Minuman Yang Berprotein secara langsung setelah berolahraga. Tingginya protein di dalam tubuh akan memperbesar resintesis Glikogen, yang merupakan komponen penting untuk pemulihan otot setelah berolahraga.

Namun, jika Anda melakukan olahraga hanya untuk meningkatkan fitness atau mengatur berat tubuh, maka akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi minuman Isotonik sehabis berolahraga.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi situs kesehatan Noval Herbal. Salam Sehat

Penjelasan Minuman Isotonik Beserta Dampak Bagi Kesehatan

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *