PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

Foto by : shutterstock.com

Periode menyusui merupakan masa yang sangat peting bagi bayi dan ibunya. Maka anda harus memperhatikan pantangan makanan bagi ibu menyusui yang mungkin saja tanpa disadari adalah makanan favorite anda yang sering anda makan tiap hari.

Pada periode menyusui ini hubungan emosional antara bayi dan ibunya akan terbentuk dengan baik, sehingga masa menyusui ini sangat baik bagi perkembangan mental dan psikis bayi, dan pada masa ini bayi akan dapat merasakan besarnya kasih sayang dan kehangatan yang diberikan oleh ibu kepadanya.

Sebenarnya tidak ada pantangan khusus mengenai makanan yang boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Pada dasarnya semua ibu hamil bisa makan makanan yang mereka suka. Adakalanya makanan yang sudah dikonsumsi bisa merubah rasa pada ASI.

Walaupun tampaknya sebagian bayi bisa menikmati setiap perubahan rasa yang terjadi pada ASI, namun terkadang ada juga jenis makanan yang merubah rasa pada ASI tapi tidak disukai bayi.

Hal tersebut jelas membuktikan adanya jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan bayi, diantara makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Pantangan Makanan Bagi Ibu Menyusui

Minuman yang mengandung alkohol

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

Foto by : shutterstock.com

Orang tua dulu termasuk orang yang selalu memperhatikan makanan yang mau dikonsumsi termasuk untuk ibu menyusui.

Minuman yang mengandung alkohol jelas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena selain alkohol itu haram dikonsumsi bagi umat uslim, tapi efek yang ditimbulkan jauh lebih berbahaya.

Alkohol bisa mempengaruhi rasa pada ASI juga akan mempengaruhi organ saraf pada bayi yang disusui. Pada orang dewasa saja alkohol sangat besar pengaruhnya, apalagi terhadap bayi.

Alkohol ini bisa membuat bayi jadi lemas, lunglai, mengantuk dan tidur lebih lama dari biasanya serta mengurangi produksi ASI. Untuk itu, hindari kebiasaan minum alkohol.

Makanan Yang Berasal Dari Laut

Jenis ikan – ikanan yang berukuran besar seperti hiu, tuna, dan yang lainnya ini sudah terpapar kandungan merkuri. Merkuri itu tidak boleh masuk kedalam tubuh bayi, karena itu bisa juga merusak saraf bayi dan akhirnya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya si bayi.

Minuman Yang Mengandung Kafein

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

Foto by : shutterstock.com

Minuman seperti ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui, yaitu minuman seperti kopi dan teh. Jika waktu tidak punya anak anda sudah biasa minum kopi atau teh di pagi hari, maka saat menyusui tolong dihentikan dulu.

Kandungan kafein dalam kopi dan teh yang mempengaruhi rasa pada ASI ini akan membuat bayi susah tidur dan rewel karena cape tidak bisa tidur. Selain itu juga bisa berakibat pada iritasi di saluran pencernaan bayi.

Makanan Yang mengiritasi Saluran Pencernaan

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

Foto by : shutterstock.com

Anda harus lebih jeli lagi dalam memilih makanan yang hendak anda konsumsi disaat sedang menyusui. Pikirkanlah kesehatan bayi anda, karena saat menyusui itu adalah saat dimana nafsu makan sedang meningkat.

Makanan yang dilarang tersebut adalah brokoli, kubis, termasuk paprika. Kemudian buah buahan juga ada yang bisa mengiritasi saluran cerna bayi seperti jeruk, lemon, dan makanan pedas. Maka dari itu, anda harus panday memilih buah untuk dikonsumsi saat menyusui.

Makanan Yang Menimbulkan Alergi

Sejauh ini mungkin anda belum tahu jenis makanan apa saja yang bisa menimbulkan alergi pada tubuh, maka saat ini bisa anda ketahui disini.

Makanan seperti telor, bumbu masak, susu, udang, kedelai, gandum, kacang – kacangan, jagung, dan juga eskrim. Beberapa jenis makanan diatas dapat menimbulkan alergi pada bayi, dan alergi ini bisa berupa biduran pada bayi.

Makanan Yang Mengurangi Produksi ASI

PANTANGAN MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI

Foto by : shutterstock.com

Mungkin anda juga pernah dengar kalau ada salah satu ibu menyusui yang tidak lancar ASI nya, baik itu hanya sebelah maupun keduanya. Hal ini tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Meskipun bisa diganti dengan susu formula, tapi kualitas ASI tetap lebih baik dari susu formula. Makanan yang dimaksud seperti sop, papermint, petersely serta teh. Jenis makanan dan minuman ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya dan jangan berlebihan.

Cukup sekian tips yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menyusui dan mencari tahu pantangan makanan bagi ibu menyusui.

Pantangan Makanan Bagi Ibu Menyusui

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *