MANFAAT TEMPE YANG JARANG DIKETAHUI

MANFAAT TEMPE YANG JARANG DIKETAHUI

MANFAAT TEMPE YANG JARANG DIKETAHUI

Foto by : shutterstock.com

Tempe adalah salah satu bahan masakan yang terbuat dari kacang kedelai, dan juga ada punya manfaat tempe yang jarang diketahui. Bahan makanan ini juga merupakan bahan makanan yang mempunyai rasa enak dan sering dibuat kombinasi makanan baru.

Mungkin juga anda adalah salah satu penikmat tempe yang sedang membaca artikel ini, lalu anda bertanya – tanya apa manfaat tempe yang saya maksud.

Tempe ini dibuat melalui proses fermentasi sehingga mikroflora yang hidup dapat memiliki fungsi membentuk lapisan pelindung di usus dan melindungi pencernaan dari bakteri jahat.

Tempe memang tidak sepopuler tahu, namun gizi yang dimiliki oleh tempe tidak kalah dengan tahu. Tempe memiliki kualitas protein yang sama seperti daging dan mengandung tinggi vitamin B5, B6, B3, dan B2.

Selain itu, tempe juga ternyata bisa mengobati berbagai penyakit berdasarkan pada kandungan yang dimiliki oleh tempe. Lalu apakah manfaat dari tempe yang katanya baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Tempe

Tempe ini memiliki tekstur yang bisa disesuaikan dengan jenis makanan yang diinginkan, tempe juga sering digunakan sebagai makanan pengganti daging. Hal ini karena di dalam tempe ada banyak nutrisi yang bisa mengganti peran daging yaitu protein dan mineral tinggi.

Di seluruh dunia tempe juga sering digunakan makanan bagi orang yang vegetarian, karena selain memiliki protein yang tinggi, makanan yang satu ini juga memiliki banyak rasa sehingga membuat anda tidak pernah bosan dengan rasanya.

Tempe yang merupakan hasil dari fermentasi membuatnya memiliki kandungan probiotik yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tempe dan makanan fermentasi lainnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tempe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi melawan diare, membantu pencernaan, dan mengatasi peradangan kronis.

Menurunkan kadar kolesterol

Menurut penelitian para ahli, kandungan isoflavon dari kacang kedelai dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi para penderita penebalan dinding rahim, karena pada umumnya kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab dari penyakit penebalan dinding rahim. Jadi tempe bisa membantu anda mengurangi resiko penebalan dinding rahim.

Kemudian selain itu, kandungan isoflavon juga mampu mengurangi gejala pre menopause seperti sensasi panas atau sering disebut (hot flashes).

Manfaat lain dari tempe ini sangat luar biasa, karena tempe ini ternyata bisa mengatasi berbagai penyakit berbahaya seperti Menjaga kesehatan tulang, Membantu pembentukan protein, Membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, Mencegah terjadinya kanker

Itu beberapa informasi mengenai salah satu makanan yang sering kita jumpai setiap hari. Bagi anda yang sedang melakukan program diet, tempe bisa menjadi alternatif pengganti protein dari daging.

Kirim Komentar Anda

1 Respon

  1. 10 November 2017

    […] selain untuk terhindar dari penyakit, tentunya merawat organ kewanitaan juga dapat menjaga keharmonisan anda dengan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *