MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto by : shutterstock.com

Sebagai seorang wanita, hamil dan punya anak tentunya merupakan impian yang akan melengkapi kehidupan rumah tangga anda. Oleh karena itu, makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting anda ketahui agar kondisi kesehatan anda beserta janin tetap baik.

Perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan bergantung kepada nutrisi yang Anda konsumsi saat sedang hamil. Cermati pilihan makanan sehat untuk ibu hamil agar anda dan janin tetap sehat.

Ketika sedang hamil, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang. Padahal, Anda hanya butuh menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak.

Tapi, tentu penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ini dari beragam jenis makanan yang berbeda. Contohnya asam folat berperan menghindarkan cacat bawaan, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi, serta zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin.

Menentukan makanan sehat untuk ibu hamil itu tidak sulit ko, faktanya makanan yang mudah dicari dimana saja bisa menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Seperti apakah makanannya ? simak uraiannya di bawah ini !

Pertama, Air

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto By : shutterstock.com

Ini jelas bermanfaat untuk semua orang tidak terkecuali bagi ibu hamil. Bagaimana tidak, air adalah sumber daya kehidupan, karena hampir 80% tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu banyak yang menyebutkan manusia tidak bisa hidup tanpa air.

Hal ini sesuai dengan fakta kalau manusia bisa kuat tidak makan 3 hari, tapi tidak bisa bertahan hidup tanpa air meskipun sehari atau 2 hari.

Begitu juga untuk ibu hamil, mencukupi kebutuhan air tiap hari bisa mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Ini berarti anda harus banyak minum minimal 2,5 liter / hari.

Kedua, Buah dan Sayur

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto by : shutterstock.com

Ini adalah hal yang sering dilupakan oleh ibu hamil mengkonsumsi buah dan sayur. Padahal sudah jelas kalau konsumsi buah dan sayur tercukupi bisa menjaga kesehatan tubuh tidak terkecuali untuk ibu hamil.

Mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi tiap hari akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan serat. Tapi disarankan konsumsi buah dan sayur yang berbeda agar anda bisa mendapatkan banyak vitamin termasuk asam folat yang penting untuk kesehatan mata.

Maka mulai saat ini, bagi anda ibu hamil harus rutin makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat yang baik bagi janin.

Ketiga, daging tanpa lemak, ikan dan telur

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto by : shutterstock.com

Bahan makanan ini juga tidak kalah manfaatnya untuk menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Daging tanpa lemak merupakan protein yang baik untuk perkembangan janin.

kolin yang terdapat pada telur juga akan mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Kemudian, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin.

Tapi tetap, konsumsi makanan tersebut dalam keadaan matang, karena itu akan lebih baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Keempat, Kacang – Kacangan

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto by : shutterstock.com

Makanan ini juga mudah ditemukan disekitar anda, bahkan anda bisa menikmati kacang – kacangan dalam bentuk makanan yang enak dan sehat tentunya.

Kacang – kacangan ini mengandung banyak asam folat, vitamin, serat, dan juga zat besi yang baik untuk perkembangan janin.

Lalu yang sudah anda ketahui adalah konsumsi SUSU

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Foto by : shutterstock.com

Susu ini menjadi penting bagi ibu hamil, karena susu beserta produk turunannya seperti yogurt ini mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi dan tulang ibu juga.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi untuk menjaga janin serta anda tetap sehat dan tidak terjadi kelainan.

Semoga artikel makanan sehat untuk ibu hamil ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang hamil dan ingin janin di dalamnya tetap sehat.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *