Makan Sehat Meski Sibuk Bekerja

Makan Sehat Meski Sibuk Bekerja

Salah satu menjaga kesahatan dan kondisi berat badan adalah makan sehat meski sibuk bekera. Mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat di tempat kerja adalah tantangan bagi sebagian orang terutama orang yang bekerja di kantor. Karena kesibukan yang membuat tidak adanya waktu untuk menikmati makanan sehat, makanan yang umumnya dijual biasanya makanan yang praktis dan tidak memiliki kandungan gizi yang baik, dan tantangan lain karena makanan sehat biasanya tidak disukai dan dikalahkan dengan makanan cepat saji. Padahal kesehatan adalah hal yang utama daripada kenikmatan dari makanan tersebut.Makan Sehat Meski Sibuk Bekerja

Solusi Makan Sehat

Walaupun terlihat sulit, tapi Anda bisa membenahi pola makan Anda menjadi lebih baik. Berikut beberapa solusi praktis untuk Anda yang sibuk:

Biasakan untuk sarapan sebelum berangkat kerja

Karena sarapan akan meningkatkan produktivitas untuk mengurangi kelelahan, rasa kantuk dan membantu agar Anda dapat berkonsentrasi dengan baik. Hal ini dikarenakan pada saat bangun tidur, metabolisme otak meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai tenaga. Glukosa dalam tubuh pada pagi hari menurun karena Anda tidak makan semalaman ketika tidur.

Untuk Menu sarapan yang baik adalah makanan yang memerlukan waktu untuk dicerna, misalnya roti gandum dengan telur dadar ditambah bawang bombay, paprika dan tomat. Sehingga Anda akan merasa kenyang dalam jangka waktu beberapa jam.

Wajib makan siang

Pada jam makan siang, gunakan waktu tersebut memang untuk mengisi kembali energi Anda dengan mengistirahatkan tubuh dan juga makan. Sebaiknya, makan siang tidak dilakukan di meja kerja, sehingga akan membantu agar tubuh dan pikiran kembali segar serta memperbaiki mood Anda.

Perhatikan juga menu makan siangnya. Boleh saja sesekali makan siang dengan menu yang kurang akan gizi. Namun, jangan berlebihan dan dijadikan kebiasaan. Karena tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang seimbang yang diantaranya: serat, protein dan karbohidrat yang sesuai porsinya. Menu makan siang yang baik adalah 50% sayur dan buah, 25% protein dan 25% karbohidrat.

Cemilan

Hal ini adalah godaan terbesar jika Anda sedang melakukan diet, kemudian rekan kerja Anda ada yang membawa makanan ringan atau kue-kue yang disediakan ketika meeting. Diet yang sehat bukan berarti pantang menikmati cemilan, jadi boleh-boleh saja ngemil asal tahu aturannya.

Aturan ngemil untuk diet sehat adalah dengan memperhatikan porsi dan kalori cemilan itu sendiri. Jangan sampai karena terkesan kecil atau hanya makanan ringan dan tidak mengenyangkan, Anda tidak mengontrol asupan kalori yang terdapat pada cemilan. Hindari makan makanan yang berminyak karena bisa saja mengandung lemak berlebih

Menu cemilan yang sehat adalah makanan yang direbus, biskuit gandum, yoghurt atau dark chocolate atau bahkan sekarang juga ada cemilan sehat yang bernama Fitbar ataupun Soyjoy, silahkan Anda coba.

Makan Sehat Meski Sibuk Bekerja Seharian Itu Memang Penting Untuk DilakukanMakan Sehat Meski Sibuk Bekerja

Menikmati teh atau kopi

Bagi sebagian orang menikmati teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Bahkan, tubuh terasa tidak bertenaga jika belum menyeruput minuman ini. Saran saya, jangan terlalu berlebihan terhadap mengkonsumsi minuman yang berkafein ini.

Dalam takaran membuat teh atau kopi yang baik adalah 1 sendok teh atau kopi dengan gula setengah sendok dan tidak mengkonsumi melebihi 2 setengah cangkir sehari.

Makan malam sehat

Untuk sebagian orang yang tidak melakukan aktivitas yang memerlukan banyak energi pada malam hari. Kurangi porsi karbohidrat, hal ini untuk mencegah Anda dari penyakit Diabetes yang diakibatkan oleh asupan karbohidrat yang berlebih. Namun jika Anda sedang lembur kerja, untuk menahan rasa lapar nya Anda dapat memilih snack yang sehat atau buah-buahan. Menu makan malam yang disarankan adalah sayuran, makanan yang berprotein dan juga buah-buahan.

Dengan meluangkan waktu untuk makan dengan komposisi yang tepat, Anda dapat memiliki cukup energi untuk melakukan hari-hari yang sibuk, terhindar dari penyakit, menjaga berat badan tetap ideal dan penampilan fisik tetap terjaga yang tentunya sehat.

Sekian artikel kesehatan mengenai makan sehat meski sibuk bekerja yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Terima Kasih telah mengunjungi situs kesehatan Noval Herbal. Salam sehat.

Makan Sehat Meski Sibuk Bekerja

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *