CARA MERAWAT RAMBUT BERMINYAK DAN RONTOK

CARA MERAWAT RAMBUT BERMINYAK DAN RONTOK

CARA MERAWAT RAMBUT BERMINYAK DAN RONTOK

Setiap orang tentu mendambakan punya rambut yang sehat dan indah. Pastinya orang akan rela melakukan cara merawat rambut berminyak dan rontok meskipun harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan hal tersebut, apalagi seorang artis.

Rambut dikatakan sebagai mahkota bagi setiap orang, karena rambut termasuk bagian tubuh yang pertama dilihat bahkan jadi salah satu nilai tambah terhadap pandangan masing – masing orang.

Seperti yang anda ketahui kalau zaman sekarang bukan hanya perempuan saja yang menginginkan rambut sehat dan indah, tapi pria juga perlu melakukannya.

Hal ini karena rambut sudah menjadi daya tarik seseorang untuk berpenampilan, bahkan bagi seorang ahli fashion rambut akan mempengaruhi pandangan lawan jenis ketika melihat rambut yang sehat dan indah.

Berkaitan dengan hal tersebut, merawat rambut agar tetap sehat itu bukan pekerjaan yang mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat rambut termasuk tipe rambut yang anda miliki.

Mengetahui tipe rambut yang dimiliki akan memudahkan anda dalam menjalankan perawatan rambut, karena banyak jenis perawatan rambut yang bisa anda jalani, baik itu secara alami maupun dengan bantuan bahan buatan.

Berdasarkan pengetahuan yang saya miliki, tipe rambut ada beberapa tipe diantaranya :

  1. Rambut berminyak
  2. Rambut kering
  3. Rambut Kombinasi

Untuk mengetahui tipe rambut yang anda miliki, langkah berikut bisa anda lakukan di rumah yaitu :

  1. Keramaslah rambut sampai bersih, kemudian biarkan seharian penuh.
  2. Kesokan harinya anda bisa menguji dengan menempelkan tisu di tengah kulit kepala dan di belakang telinga.
  3. Jika tisu banyak minyaknya, berarti rambut anda tipenya berminyak. Tapi sebaliknya, jika tidak berarti rambut kering.

Nah untuk merawat tipe – tipe rambut tersebut, anda bisa perhatikan tips berikut :

Perawatan rambut berminyak

Tipe rambut berminyak artinya memiliki kadar minyak yang tinggi terutama saat banyak beraktivitas. Tipe rambut seperti ini biasanya akan menimbulkan ketombe atau rambut rontok, selain itu bisa menimbulkan rasa gatal juga efek dari ketombe. Pada akhirnya bisa juga terkenan penyakit kulit kepala berkerak yang cukup mengganggu aktivitas anda.

Untuk merawat tipe rambut seperti ini biasanya perlu lebih sering keramas untuk mengurangi kadar minyak di rambut. Anda juga bisa mengurangi kadar minyak dengan perawatan alami menggunakan jeruk nipis yang di gosokan di kulit rambut.

Perawatan rambut kering

Rambut kering kebalikan dari rambut berminyak. Tipe rambut seperti ini biasanya banyak dialami oleh wanita, karena seringkali wanita menggunakan pengering rambut atau juga catokan, padahal kegiatan tersebut akan merusak rambut dan membuat rambut jadi bercabang.

Perawatan tipe rambut seperti ini biasanya dengan menggunakan vitamin rambut. Ada banyak vitamin rambut di apotek dan toko obat. Selain itu, anda juga harus mengurangi kebiasaan mencatok rambut dan pengering rambut.

Perawatan rambut kombinasi

Rambut kombinasi disini maksudnya kondisi rambut yang terkadang kering kadang juga berminyak. Rambut tipe seperti ini biasanya lebih banyak dimiliki oleh pria, karena rambut pria yang pendek ini akan membuat kondisi rambut bisa berubah – ubah tergantung aktivitas.

Cara merawatnya harus memperhatikan aktivitas yang sedang anda kerjakan, jika banyak beraktivitas yang berat, boleh keramas setiap 2 hari sekali dan menggunakan shampo yang biasa. Tapi kalau aktivitas ringan dan tidak menimbulkan minyak, anda bisa keramas lebih dari 2 hari sekali.

Untuk tipe rambut seperti ini, anda juga harus memperhatikan supaya menghindari keramas menggunakan air panas. Anda juga tidak perlu menggunakan banyak shampo apalagi gonta ganti shampo.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada anda semua mengenai perawatan rambut  sesuai tipe rambut yang anda miliki. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu anda sekaligus menambah pengetahuan baru.

Kirim Komentar Anda

1 Respon

  1. 9 November 2017

    […] Tempe yang merupakan hasil dari fermentasi membuatnya memiliki kandungan probiotik yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tempe dan makanan fermentasi lainnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *