Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Terima kasih telah berkunjung di situs Noval Herbal. Sesuai dengan judul artikel di atas, khusus bagi Anda Pecinta Kafein atau Caffeine Addict kali ini saya akan membahas mengenai bahaya dan manfaat kafein bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dan bahaya nya kafein tersebut terhadap kesehatan kita? Mari kita simak bersama-sama.Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh – Untuk kita para pencinta kopi ketika mendengar istilah Kafein, biasanya kita akan langsung terpikir pada suatu minuman yang nikmat sekali ketika meminunya selagi panas, Ya! apa lagi kalau bukan kopi. Berhubung dengan namanya, kopi memang memiliki kandungan utama yaitu berupa senyawa kafein. Tentu saja Anda pasti sudah mengetahuinya, bahwa selain Kaefin terdapat pada kopi, kafein juga terkandung pada teh dan cokelat bukan?. Meski rasanya yang nikmat, namun tidak sedikit orang yang pantang akan minuman atau makan tersebut. Lalu, apakah kopi atau minuman berkafein itu berbahaya atau justru bermanfaat bagi kesehatan? Saya akan membahasnya sedikit tentang kafein, berikut ini.

Menurut salah satu sumber yang saya baca, Kafein telah di kenal sejak zaman dulu. Di Cina zat ini pertama kali di temukan dalam daun teh. Karena pada masa itu, kopi masih belum menyebar ke seluruh pelosok dunia seperti sekarang ini. Kopi merupakan sumber terbesar zat kafein merupakan tanaman khas daerah Ethiopia yang kemudian populer di Persia hingga kemudian tersohor di seantero dunia. Orang mengkonsumsi kopi pada awalnya adalah agar tetap bisa terjaga sepanjang waktu. Tanpa mengalami disorientasi. Untuk beberapa waktu mungkin kopi dapat membantu. Tetapi otak juga butuh istirahat, terlalu sering tidak tidur akan menyebabkan otak lelah sehingga kinerjanya tidak lagi efektif.

Kafein yang terdapat pada kopi atau minuman berkafein lainnya tersebut adalah zat yang berbentuk ekstraksi berupa kristal putih panjang tanpa warna dan berasa pahit. Perlu Anda ketahui bahwa pada awalnya, kafein digunakan dalam bidang pengobatan. Dan tahukah Anda bahwa Kafein termasuk kedalam golongan zat Psikoaktif karena dapat merangsang sistem syaraf pusat? Meski begitu, kafein dapat di konsumsi secara bebas dan penggunaanya tidak di batasi oleh hukum. Kemampuan Kafein sebagai obat perangsang dan stimulan sering kali di gunakan sebagai obat penahan kantuk. Kafein biasanya di tambahkan dalam berbagai jenis minuman berkarbonasi (minuman ringan) dan minuman energi. Dan berikut saya jelaskan manfaat dan bahayanya kafein tersebut bagi kesehatan tubuh.Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh Yaitu:

  • Kafein bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker kulit. Dan menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa asupan 200 mg kafein secara signifikan mampu meningkatkan daya ingat atau memori.
  • Kafein juga dapat membantu dalam memperbaiki dan meningkatkan stamina disaat berolahraga. Dan bila Anda kombinasikan anatara kafein dan karbohidrat sebagai makanan pasca olahraga, tentu saja hal itu adalah pilihan yang sangat tepat. Karena kombinasi keduanya membantu mengisi Glikogen otot yang membantu dalam mempercepat proses regenerasi otot dan juga membantu dalam memulihkan nyeri otot setelah berolahraga.
  • Perlu Anda ketahui bahwa Kafein dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah rambut rontok atau bahkan kebotakan.
  • Kafein dapat merangsang sekresi zat kimia yang disebut dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan Neurotransmitter yang mengaktifkan pusat kesenangan dalam otak. Hal ini tentu juga membantu Anda dalam mencegah depresi atau penyakit psikologis secara efektif.
  • Dalam dunia medis yang disebut enema kafein meruapakan cairan berkafein seperti kopi digunakan untuk membersihkan usus besar dari zat-zat beracun. Selain itu, kafein membantu dalam detoksifikasi hati secara efektif. Kafein juga membantu untuk mencegah penyakit liver non-alkohol.
  • Kafein dalam takaran tertentu juga dapat membantu dalam mencegah penyakit berat seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Mereka yang mengonsumsi kafein juga beresiko kecil untuk melakukan bunuh diri.
  • Dan Kafein juga membantu dalam menghindari penyakit mata seperti katarak dan mata kejang. Hal ini sangat cocok bagi Anda seorang pekerja yang selalu berhadapan dengan Monitor setiap harinya. Juga membuat Anda tetap waspada atau fokus dan mencegah kantuk ketika Anda perlu berkonsentrasi pada suatu hal, misalnya saat mengemudi atau sedang belajar.

Sedangkan Bahaya Kafein Bagi Kesehatan Tubuh Diantaranya:

  • Kafein dapat menyebabkan tubuh Keracunan Kafein yang kondisi atau keadaan nya menjadi gelisah, hal ini diakibatkan terlalu banyak meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya dalam jumlah besar.
  • Rasa gelisah dan bersemangat, gemetar, detak jantung cepat, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan terkadang masalah pada sistem pencernaan merupakan kondisi yang menunjukkan overdosis kafein. Kondisi ini disebabkan oleh dosis kafein yang berlebihan.
  • Kecanduan Kafein dapat mengakibatkan gejala Withdrawal (gejala kecanduan) ketika penggunaan kafein dihentikan. Efek ini dapat berkisar dari ringan sampai parah, termasuk diantaranya adalah sakit kepala, kebingungan, mual, dan kelelahan.
  • Seperti yang Anda tahu juga bahwa Kafein dapat menyebabkan lambung memproduksi asam tambahan sehingga bisa menimbulkan masalah pada saluran pencernaan tentunya.
  • Jika dikonsumsi dalam jumlah moderat, kafein tampaknya tidak memiliki efek positif maupun negatif pada jantung. Namun, menurut temuan European Society of Cardiology (ESC); Peminum kopi berat menunjukkan peningkatan tekanan darah yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan meningkatnya risiko serangan jantung atau stroke dan juga Hipertensi. Kafein memiliki kecenderungan untuk menghambat aktivitas hormon Adenosin yang berfungsi dalam memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah menjadi sempit dan tekanan darah meningkat sehingga terjadilah Hipertensi atau darah tinggi.

Baca Juga: Cara Cepat Alami Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan TubuhBahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh – Kandungan kafein dalam secangkir kopi tergantung dari jenis biji kopi dan cara memprosesnya. Sedangkan untuk kafein yang terdapat dalam teh mengandung sekitar setengah dari kopi. Untuk wanita yang sedang hamil para dokter tidak menyarankan untuk meminumnya lebih dari dua cangkir per harinya. Meminum kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan hanya menjadikannya minuman beracun bagi tubuh. Seperti halnya sebuah obat yang dapat berubah menjadi racun jika melampaui dosis maksimal pemakaiannya. Jadi, minumlah minuman kafein ini dalam jumlah yang wajar yang dianjurkan maksimal tiga cangkir (yang setara dengan 250 mg kafein) per harinya. Hal yang harus Anda ingat bahwa kita harus dapat mengetahui kondisi tubuh kita, mulai dari kualitas kesehatan pribadi, zat-zat toksik yang dikandung kafein, hingga kadar dosisnya, sehingga kita dapat menghindari efek negatif dari kopi.

Demikian artikel kesehatan yang saya buat mengenai bahaya dan manfaat kafein bagi kesehatan tubuh. Arikel ini saya kutip dari beberapa Sumber yang berbeda. Semoga bermanfaat, Salam Sehat.

Bahaya Dan Manfaat Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Kirim Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *