MENJAGA KESEHATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR

MENJAGA KESEHATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR

MENJAGA KESEHATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR

Foto by : shutterstock.com

Setiap orang tentu punya impian memiliki tubuh yang sehat dan bugar, oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar jadi langkah untuk mewujudkannya. Sebagaimana pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Selain itu, orang juga memiliki keinginan untuk hidup lebih lama agar dapat berkumpul dengan keluarga dalam jangka waktu yang lama dan mencapai berbagai kesuksesan yang ingin diraih.

Dan tidak ada orang yang memiliki cita-cita untuk menderita penyakit jantung, serangan stroke, diabetes melitus, gangguan hati, masalah pada paru-paru dan kanker.

Anda tentunya tidak mau jika hal tersebut terjadi pada diri anda maupun keluarga, maka dari itu mulai sekarang rubah kebiasaan buruk anda dalam pola hidup, jangan sampai anda kecewa pada akhirnya.

Seperti banyak orang bilang bahwa kesehatan itu lebih mahal dari apapun, karena hidup kaya tidak akan terasa nikmat kalau tubuh punya rasa sakit atau penyakit. Tapi hidup sederhana lebih nikmat saat tubuh anda sehat dan bugar.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar?

MENJAGA KESEHATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR

Foto by : shutterstock.com

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat membantu untuk hidup lebih lama

 1. Pola Makan Yang Sehat

Semua orang pasti setuju kalau pola makan yang sehat itu menjadi faktor untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar.

Setiap harinya manusia punya beberapa kebutuhan zat yang harus dipenuhi untuk menyeimbangkan kinerja organ tubuh dan fungsinya.

Semua kebutuhan zat tersebut tentunya harus anda penuhi jika tubuh yang bugar yang anda inginkan. Jika tidak terpenuhi, bisa saja beberapa masalah kesehatan muncul dan mengganggu aktivitas anda seharian.

Maka, kenali dulu kebutuhan zat dalam tubuh anda supaya anda lebih mudah dalam mempersiapkan daftar makanan yang harus ada setiap hari. Satu hal yang harus anda ingat, jangan terpengaruh akan mitos – mitos seputar makanan yang tidak jelas.

2. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik disini berarti aktivitas apa saja yang berhubungan dengan fisik, bisa senam, dance, gym, jogging, atau olah raga lainnya yang anda suka.

Aktivitas fisik yang anda lakukan setiap hari minimal 15 menit perhari cukup membantu dalam melancarkan peredaran darah dan juga memperbaiki otot – otot yang lemah, serta menguatkan tulang.

Selain itu, aktivitas fisik juga membantu anda mengeluarkan racun dalam tubuh beserta lemak yang menjadi faktor kegemukan. Hal ini tentu akan mengurangi resiko anda terkena penyakit obesitas, diabetes, ataupun stroke.

Jadi jangan malas untuk melakukan aktivitas fisik terutama olah raga setiap hari, lakukanlah sesuai dengan olahraga yang anda sukai agar lebih menyenangkan.

3. Berhenti Minum Alkohol

Seluruh umat manusia tentu tahu lah kalau alkohol itu merusak kesehatan bahkan dilarang di negara indonesia.

Akohol akan mengurangi kesadaran ketika sudah minum, dan dalam jangka panjang alkohol akan merusak syaraf anda sehingga kemampuan berfikir dan fokus jadi berkurang.

Berdasarkan penelitian para ahli, alkohol juga bisa mempengaruhi fungsi jantung, fungsi hati, metabolisme tubuh, kecerdasan, mengganggu sistem reproduksi dan juga mempengaruhi berat badan.

4. Kualitas Tidur

Kualitas tidur memang menjadi perbincangan menarik bagi setiap orang, karena masih banyak yang belum memahami efek negatif dari kualitas tidur yang tidak baik bagi kesehatan.

Kalangan remaja saat ini lebih banyak menghabiskan waktu pada malam hari, hal ini tentu akan mengurangi jam tidurnya sehingga akan berfengaruh pada kesehatan tubuhnya.

Selain kurang tidur, kualitas tidur bisa diartikan dengan efek yang dirasakan saat bangun tidur.

Jika badan terasa tidak nyaman, bisa dibilang kualitas tidur anda tidak baik. Dan perlu anda ketahui, kualitas tidur tidak berkaitan dengan lamanya anda tidur.

5. Berhenti Merokok

Di indonesia tercatat bahwa sepertiga dari penduduk indonesia adalah perokok aktif yang ikut menyumbangkan polusi dunia.

Dari data riset pada tahun 2013 ada sekitar 58.750.592 orang yang menjadi perokok di indonesia, termasuk usia 10 tahun.

Beberapa bulan kebelakang juga pernah jadi perbincangan negara mengenai pengurangan produksi rokok untuk mengurangi perokok, namun hal tersebut justru menimbulkan masalah baru yang membuat dilema para pejabat.

6. Mengontrol Emosional

Emosional tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan, karena emosional yang tidak bagus bisa berakibat pada stress dan akhirnya berpengaruh pada munculnya berbagai penyakit seperti stroke, jantung, bahkan pada kesehatan sistem reproduksi wanita.

Pada wanita, Stres bisa membuat hormon tidak seimbang yang akibatnya terjadi berbagai keluhan seperti haid berkepanjangan, siklus haid tidak teratur, bahkan mengalami penyakit penebalan dinding rahim.

Maka dari itu, kontrol emosi agar tetap stabil dengan beberapa cara seperti : jalan – jalan, bermain, dan melakukan aktivitas yang digemari atau menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan, bahwa “tubuh sehat itu belum tentu bugar tapi tubuh yang bugar sudah pasti sehat”.

Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar

Kirim Komentar Anda

1 Respon

  1. 26 Desember 2017

    […] wanita, tak heran banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang demi menjaga penampilan juga kesehatan tubuh dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *